Wednesday, May 10, 2017

CPU SCHEDULING

Pada ulasan video kali ini, video yang di bahas berjudul CPU Scheduling yang berdurasi 7 menit 55 detik yang disampaikan oleh Mike Murphy pada kanal Youtube Mike Murphy. Video ini dapat di akses melalui https://youtu.be/QpuFq3-fdhw. Video ini di upload pada tanggal 30 Oktober 2011. Terhitung 10 Mei 2017 pukul 13:35, video ini telah ditonton sebanyak 8,366 kali.

Secara lebih mendetil, Mike Murphy pada videonya mengatakan bahwa Scheduling pada CPU sangat berkaitan erat dengan adanya sistem yang dapat menjalankan program yang banyak (Multiprogram), dan tentunya pada sistem tersebut harus memenuhi beberapa objektif yang harus di penuhi, yaitu maksimalisasi responsifivitas sistem dan througput, dan meminimalisasi proses tunggu penjalanan suatu/beberapa program. Selain itu, pada videonya, Mike Murphy juga menjelaskan beberapa tahap dari proses Scheduling pada CPU, yaitu proses berkala yang dijalankan oleh sistem untuk menunggu pengguna melakukan proses input/output pada program yang di jalankan , proses input/output yang di jalankan pada sistem untuk menjalankan suatu program dengan menjalankan proses read/write data pada program agar dapat di eksekusidan proses komputasi yang di jalankan pada saat input telah di lakukan mengeluarkan output sesuai dengan input yang di berikan. dan pada video ini Mike Murphy juga menjelaskan bahwa adanya bentuk interupsi pada CPU yang berfungsi untuk mengatur Scheduling pada CPU beserta penerapannya pada sistem operasi dengan 2 algoritma utama pada scheduling, yaitu Fairness (Scheduling secara merata) dan Priority (Scheduling dengan menggunakan prioritas tertentu).

Selain menjelaskan bentuk proses Scheduling yang di jalankan pada suatu sistem, Video ini juga mengulas terkait aturan yang berlaku pada proses Scheduling yang di jalankan pada suatu sistem.
Adapun proses di dalamnya adalah di dalam suatu sistem operasi, 2 algoritma utama pada scheduling dapat di jalankan sesuai dengan kebutuhan program dalam sistem operasi tersebut. Aturan lainnya adalah algoritma pada scheduling di atur oleh system administrator ataupun OS implementer (tidak di atur oleh pembuat/developer suatu program/aplikasi) yang tentunya akan di sesuaikan dengan kebutuhan user yang menggunakannya.

Menurut pendapat saya pribadi, video ini sudah sangat membantu untuk memahami konsep CPU Scheduling dan aturan di dalamnya. Materi yang di bawakan sudah sesuai dengan slide yang di tampilkan pada video. Penjelasannya pun sudah cukup jelas walaupun contoh yang di bawa masih terlalu mendasar dan kurang spesifik.

Github Account : valianfilahli
URL Ulasan : http://os171-vfa.blogspot.co.id/2017/05/ulasan1.html
URL Video : https://youtu.be/QpuFq3-fdhw
Video Author : Mike Murphy
Pemetaan : Week08
Revisi Pertama : 10 Mei 2017
Revisi Terakhir : 23 Mei 2017

No comments:

Post a Comment